Pages

Kronologi Terjadinya Hari Kiamat


Kronologi Terjadinya Hari Kiamat

            Mula-mula, kiamat ditandai dengan adanya tanda-tanda kiamat besar dan kiamat kecil. Tanda-tanda kiamat besar itu antara lain :
1.      Dajjal maksudnya ialah bahayabesar yang tidak ada bahaya sepertinya sejak Nabi Adam A.S sampai hari kiamat. Dajjal boleh membuat apa saja perkara-perkara yang luar biasa.Dia akan mendakwa dirinya Tuhan, sebelah matanya buta dan di antara keduamatanya tertulis perkataan 'Ini adalah orang kafir'.
2.      Asap akan memenuhi timur dan barat, ia akan berlaku selama 40 hari. Apabila orang yang beriman terkena asap itu, ia akan bersin seperti terkena selsema, sementara orang kafir pula keadaannya seperti orang mabuk, asap akan keluar dari hidung, telinga dan dubur mereka.
3.      Binatang melata yang dikenali sebagai Dabatul Ard ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, ia akan berbicara dengan kata-kata yang fasih dan jelas. Dabatul Ard ini akan membawa tongkat Nabi Musa A.S dan cincin Nabi Sulaiman. Apabila binatang ini memukul kantongkatnya ke dahi orang yang beriman, maka akan tertulislah di dahi orangitu 'Ini adalah orang yang beriman'. Apabila tongkat itu dipukul ke dahi orang yang kafir, maka akan tertulislah 'Ini adalah orang kafir'.
4.      Turunnya Nabi Isa. A.S di negeri Syam di menara putih, beliau akan membunuh dajjal. Kemudian Nabi Isa A.S akan menjalankan syariat Nabi Muhammad S.A.W.
5.      Yakjuj dan Makjuj pula akan keluar, mereka ini merupakan dua golongan. Satu golongan kecil dan satulagi golongan besar. Yakjuj dan Makjuj itu kini berada di belakang bendungan yang dibangunkan oleh Iskandar Zulqarnain. Apabila keluarnya mereka ini,bilangannya tidak terhitung banyaknya, sehingga kalau air laut Thahatiahdiminum niscaya tidak akan tinggal walau pun setitik.
6.      Rasulullah S.A.W telah bersabda," Hari kiamat itu mempunyai tanda, bermulanya dengan tidak laris jualandi pasar, sedikit sahaja hujan dan begitu juga dengan tumbuh-tumbuhan.Ghibah menjadi-jadi di merata-rata, memakan riba, banyaknya anak-anak zina,orang kaya diagung-agungkan, orang-orang fasik akan bersuara lantang dimasjid, para ahli mungkar lebih banyak menonjol dari ahli haq"
7.      Berkata Ali bin Abi Talib,Akan datag di suatu masa di mana Islam itu hanya akan tinggal namanya saja,agama hanya bentuk saja, Al-Qur'an hanya dijadikan bacaan saja, mereka mendirikan masjid, sedangkan masjid itu sunyi dari zikir menyebut AsmaAllah. Orang-orang yang paling buruk pada zaman itu ialah para ulama, dari mereka akan timbul fitnah dan fitnah itu akan kembali kepada mereka juga.Dan kesemua yang tersebut adalah tanda-tanda hari kiamat.
           

            Sabda Rasulullah S.A.W, "Apabila harta orang kafir yang dihalalkan tanpa perang yang dijadikan pembahagian bergilir, amanat dijadikan seperti harta rampasan, zakat dijadikan seperti pinjaman, belajar lain daripada agama, orang lelaki taat kepada isterinya,menderhakai ibunya, lebih rapat dengan teman dan menjauhkan ayahnya, suara-suara lantang dalam masjid, pemimpin kaum dipilih dari orang yang fasik, oarngdimuliakan kerana ditakuti akan tindakan jahat dan aniayanya dan bukankerana takutkan Allah, maka kesemua itu adalah TANDA-TANDA KIAMAT. Sesungguhnya setiap makhluk hidup –apakah itu manusia, hewan, atau tumbuh-tumbuhan– memiliki tanda-tanda dari akhir kesudahan hidupnya di dunia. Tanda-tanda dekatnya kematian manusia adalah rambut beruban, tua, sakit, lemah. Begitu juga halnya dengan hewan, hampir sama dengan manusia. Sedangkan tumbuhan warna menguning, kering, jatuh, lalu hancur. Demikian juga alam semesta, memiliki tanda-tanda akhir masanya seperti kehancuran dan kerusakan.

            Setelah itu, Allah mengutus malaikat Israfil untuk meniup sangkakala. Sangkakala itu akan ditiup selama 3 kali. Tiupan yang pertama untuk mengagetkan seluruh umat manusia, tiupan yang kedua untuk menghancurkan seluruh dunia, dan tiupan yang ketiga itu untuk membangkitkan seluruh umat manusia setelah hari kiamat.

















Proses menuju kehidupan di akhirat :      
            Pada hari kiamat nanti, manusia akan mengalami tahapan-tahapan yang pasti dilalui. Tahapan itu sebernarnya adalah proses manusia sebelum menjalani kehidupan di akhirat. Tahapan-tahapan itu antara lain :
a.      Alam barzah
Alam barzah adalah suatu alam di antara alam dunia dan alam akhirat atau yang lebih sering disebut dengan alam kubur. Disana manusaia akan mendapatkan pertanyaan-pertanyaan.
b.     Masa penantian
Setiap manusia mengalami masa penantian yang berbeda-beda. Jika saat di dunia manusia selalu berbuat kebaikan, maka manusia tersebut mengalami masa itu di suatu tempat bagaikan taman. Jika manusia selalu berbuat keburukan, maka masa penantian manusia tersebut menjadi siksa kubur.
c.      Yaumul Ba’as
Yaumul Ba’as adalah hari kebangkitan, dimana Allah menghancurkan alam semesta dan membinasakan seluruh umat manusia dengan pertanda ditiupnya sangkakala yang pertama. Lalu Allah menghidupkan kembali Malaikat Israfil untuk kemudian diperintahkan meniup sangkakala yang kedua kemudian dibangkitkanlah seluruh umat manusia yang telah mati dengan keadaan yang berbeda-beda sesuai dengan amal perbuatannya di dunia.
d.     Yaumul Mahsyar
Yaumul Mahsyar adalah hari dimana seluruh umat manusia yang telah dibangkitkan akan dikumpulkan secara bersama-sama di sebuah tempat yang luas yang bernama padang Mahsyar untuk menantikan keputusan dari Allah atas surga dan neraka.
e.     Yaumul Mizan
Yaumul Mizan adalah hari penimbangan, maksudnya pada hari itu Allah akan memperlihatkan keadilannya dengan menimbang seluruh amal perbuatan manusia yang baik dan yang buruk yang telah dicatat oleh malaikat Rakib dan Atid.
f.       Yaumul Hisab
Setelah manusia dikumpulkan di Padang Mahsyar dan menyelesaikan yaumul mizan, Allah akan menghitung amal dan perbuatan manusia. Saat itulah yang dinamakan yaumil hisab. Ketika dihisab yang berbicara bukan mulut, tetapi anggota tubuh akan berbicara tentang apa yang mereka lakukan dengan disaksikan anggota tubuh yang lainnya.
g.      Pembalasan amal baik dan buruk
Setelah Allah menghisab perbuatan manusia, maka jelaslah balasan atas perbuatan selama hidup di dunia.



Surga & Neraka
Surga dan neraka adalah suatu tempat pembalasan bagi setiap orang. Bagi orang yang beriman dan beramal shaleh ia akan mendapat kenikmatan surga yang tak terhingga. Sedangkan neraka adalah tempat pembalasan bagi setiap orang yang ingkar terhadap perintah Allah SWT dan selalu berbuat dosa selama di dunia. Keadaan di surga dan di neraka tidak bisa dibayangkan oleh pikiran dan gambaran dalam hati.
Nama-nama Surga yang disebutan di Al-Qur’an :
a.      Surga ‘Adn
b.      Surga Naim
c.       Surga Ma’wa
d.      Surga Firdaus
e.      Surga Darul Khulud
f.        Darus-Salam
g.      Darul Muqomah
h.      Maqam Amin
Nama-nama Neraka yang disebutkan di Al-Qur’an :
a.      Neraka Jahim
b.      Neraka Jahannam
c.       Neraka Hawiyah
d.      Neraka Hutamah
e.      Neraka Saqar
f.        Neraka Sa’ir
g.      Neraka Laia


Dari ‘Imran bin Husain dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda,
اطَّلَعْتُ فِي الْجَنَّةِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا الْفُقَرَاءَ وَاطَّلَعْتُ فِي النَّارِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ
“Aku mendatangi, surga maka kulihat kebanyakan penduduknya adalah para faqir dan aku mendatangi neraka maka aku lihat kebanyakan penduduknya para wanita”. (HR. Al Bukhari no. 3002 dan Muslim no. 4920 dari Ibnu Abbas)

0 komentar:

Poskan Komentar